JudulHABITUASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 12 SIGI |
Nama: MUH DEFFANO MORENO |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Defano, 2024, “Habituasi Profil Pelajar Pancasila”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Imran. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan pemahaman guru terkait Profil Pelajar Pancasila (2) Mendeskripsikan bentuk habituasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 12 Sigi dengan Indikator Gotong Royong dan Berkebhinekaan Global. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 33 orang yaitu Kepala Sekolah, Guru PPKn dan Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan Angket. Analisis yang dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemahaman guru PPKn di SMP Negeri 12 Sigi dalam penerapan Profil Pelajar Pancasila pada indikator gotong royong dan berkebhinekaan global masih perlu ditingkatkan lagi sebab beberapa faktor penghambat dalam penerapannya yaitu, dari segi usia, motivasi, kemampuan terhadap teknologi serta sarana dan prasarana sekolah dalam menunjang pemahaman dan penerapannya sedangkan dalam habituasi profil pelajar pancasila di SMP Negeri 12 Sigi adalah kegiatan yang membentuk karakter siswa yang lebih kompleks dan terperinci serta memberikan kebebasan para peserta didik untuk mengasah pengetahuan dan keterampilannya melalui indikator gotong royong dan berkebhinekaan global sehingga siswa menjadi mandiri, suka menolong dan menghargai perbedaan yang ada. Kata Kunci: Habituasi, Pemahaman, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global |