Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Di SMK NUSANTARA PALU
Nama: SENITRI SAURU
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Senitri Sauru, A32119030, 2023. “ Penerapan Model Pembelajaran Discovry Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Di SMK NUSANTARA Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing: Jamaludin. Penelitian ini bertujuan dilatar belakangi karena kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini terjadi karena guru masih dominan dalam menggunakan metode ceramah dan kurang dalam memanfaatkan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan model discovery learning dengan metode penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan dengan empat tahap kegiatan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Keperawatan SMK Nusantara Palu dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian pra siklus menunjukan hasil rata-rata keaktifan siswa Smk Nusantara Palu di kelas X keperawatan yaitu berjumlah 396 pada siklus I dan pada siklus II berjumlah 451 sehinggah hasil keaktifan belajar siswa di Smk Nusantara Palu meningkat sebesar 4,23 %. Kata kunci: Keaktifan Siswa, Model Discovery Learni

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up