Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI HABITUASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 7 PALU
Nama: ZULFAZRI
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Kemampuan guru dalam mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 7 Palu, dan Implementasi habituasi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 7 Palu. Adapun subyek penelitian ini berjumlah 38 orang yaitu 1 orang wakil kepala sekolah bidang kurikulum, 1 orang guru mata pelajaran PPKn, dan 36 orang siswa kelas VII SMP Negeri 7 Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara,angket dan dokumentasi. Analisis dilakukan menggunakan 4 tahap yaitu data angket,reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa,kemampuan guru dalam mengintegrasikan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran PPKn sudah terlaksana, memberikan pembelajaran yang sesuai dengan profil pelajar pancasila yang dibuat dalam perangkat pembelajaran atau modul ajar memberikan materi disekitar peserta didik yang diambil dalam lingkungan sehari-hari, implemetasi habituasi profil pelajar pancasila di SMP Negeri 7 Palu sudah terlakasana dengan menerapkan 6 indikator profi pelajar pancasila yakni beriman,bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia,berkhebinekaan global,bergotong royong,mandiri,bernalar kritis,dan kreatif. Kata Kunci: Implementasi; Habituasi; Profil Pelajar Pancasila: Pembelajaran PPKn.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up