JudulImplementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran PPKn Kelas VIII SMP Negeri 7 Palu |
Nama: MOH. RISKI AFANDI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran PPKn kelas VIII di SMP negeri 7 Palu dan Faktor Pendukung dan penghambat Implementasi Nilai- nilai Pancasila dalam membentuk karakter siswa. Adapun subyek penelitian ini berjumlah 43 orang yaitu 42 siswa kelas VIII dan 1 orang guru PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara,dan dokumentasi. Analisis dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Guru PPKn memiliki peran dalam melaksanakan pembelajaran PPKn untuk mengurangi jumlah siswa yang melanggar peraturan sekolah. 2) Guru PPKn mengurangi jumlah siswa yang melanggar peraturan sekolah dengan cara membiasakan siswa untuk melaksanakan nilai-nilai pancasila seperti ibadah bersama dilingkungan sekolah, saling menghargai dan saling tolong menolong, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah. 3) Faktor yang menjadi pendukung guru PPKn dalam membentuk karakter siswa yaitu faktor pendukung internal seperti pembelajaran di kelas baik itu pelajaran PPKn atau semua mata pelajaran, dan memberikan contoh kepada siswa serta memberikan pengertian terhadap siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pengaruh pergaulan negatif dari luar sekolah dan penggunaan alat media seperti handphone yang tanpa pengawasan orang tua. |