Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMP NEGERI 12 PALU
Nama: MIRANDA
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Miranda, 2023 "Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 12 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing. Jamaludin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 12 Palu dan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 12 Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 52 orang yaitu 1 orang guru PPKn dan 51 orang siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dan Angket. Analisis data yang dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1. Penyebab siswa mengalami kesulitan belajar ada dua faktor yaitu faktor Internal : Aspek fisiologis (Siswa mengalami gangguan pada kesehatan tubuh, jika kesehatannya terganggu maka siswa kurang efektif dalam mengikuti pembelajaran, Siswa terkadang bosan sehingga mengantuk pada saat menerima pembelajaran didalam kelas dan Siswa kurang menunjukan kepribadian baik misalnya kurang sopan, bolos dan mengganggu teman ketika jam pelajaran). Aspek Psikologis (Terkadang siswa tidak mampu menguasai materi pembelajaran dengan waktu yang telah ditentukan, Kurangnya minat siswa belajar PPKn). Sedangkan Faktor Eksternal : keadaan kelas tidak kondusif, sehingga suasana belajar yang tidak nyaman dan keadaan ekonomi keluarga yang membuat siswa tidak bersemangat dalam belajar dan kurangnya motivasi dari orang tua. 2. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa sudah cukup baik. Hal tersebut dilihat dari upaya yang lakukan terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar ialah : 1). Guru membuat suasana belajar yang menyenangkan, 2). Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi agar siswa tidak bosan dan menggantuk, 3). Memberikan motivasi kepada siswa agar selalu semangat belajar, 4). Guru melakukan kegiatan pengayaan, 5). Melaksanakan program pengajaran perbaikan atau remedial apabila siswa tidak mencapai hasil belajar yang bagus dan tidak mencapai tujuan pembelajaran atau dengan kata lain ulangan harian tidak mencapai nilai KKM ( Kriteria ketuntasan minimal), 6). Kerjasama guru dan orang tua yang dimana ketika siswa mengalami kesulitan belajar guru langsung menghubungi orang tua siswa agar orang tua siswa memperhatikan anaknya. Kata kunci : Upaya guru, Kesulitan belajar siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up