JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTROVERSIAL ISSUES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI IPS DI SMA BK PALU |
Nama: REYFILA CATRINA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Reyfila Catrina Romon, 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Controversial Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPkn Kelas XI IPS di SMA BK Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing; Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru PPKn dalam penerapan model pembelajaran Controversial Issues dalam meningkatkan kemampuan siswa berpikir kritis di kelas XI IPS SMA BK Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 22 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada model Kemmis dan McTaggart yaitu : 1) tahap perencanaan, 2) pelaksanaan Tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, 1) penerapan model controversial issues dapat meningkatkan kemampuan siswa berpikir kritis pada mata Pelajaran PPKn kelas XI IPS di SMA BK Palu karena telah mengalami peningkatan pada setiap pertemuan mulai dari menganalisis masalah hingga pada tahap evaluasi. 2) penerapan model controversial issues telah dapat dikatakan efektif karena pada presentase siklus mengalami peningkatan mulai dari setiap tahap dan indikator penelitian mengalami peningkatan. Hasil yang di peroleh dari kegiatan observasi keterlaksanaan sintaks controversial issues yaitu, presentase sintaks model controversial issues pada siklus I dan II mengalami perubahan, pada siklus I mendapat presentase 60% meningkat menjadi 95?n masuk dalam kategori sangat baik. Pada hasil observasi indikator berpikir kritis terdapat 11 indikator yang mengalami peningkatan dari 12. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran PPKn pada siklus I dan II telah mengalami peningkatan karena guru telah menerapkan dengan baik dan siswa mampu menganalisis masalah nyata yang di hadapkan. Kata Kunci :controversial Issues, Meningkatkan, Kemampuan Berpikir Kritis |