Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII Di SMP Negeri 9 Palu
Nama: CICILIA VARA PRASTYANI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Cicilia Vara Prastyani, 2023.“Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 9 Palu”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan siswa berpikir kritis di kelas VIII A di SMP Negeri 9 Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 31 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada model Kemmis dan McTaggart yaitu : 1) tahap perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa, 1) Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan siswa berpikir kritis pada mata pelajaran PPKn kelasVIII A di SMP Negeri 9 Palu karena telah mengalami peningkatan pada setiap pertemuan mulai dari menganalisis masalah hingga pada tahap evaluasi. 2) Penerapan model Problem Based Learning telah dapat dikatakan efektif karna pada presentase siklus mengalami peningkatan mulai dari setiap tahap dan indicator penelitian mengalami peningkatan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan observasi keterlaksanaan sintaks Problem Based Learning yaitu, presentase sintaks model Problem Based Learning pada siklus 1 dan II mengalami perubahan, pada siklus I mendapat presentase 60?ngan kriteria cukup dan pada siklus II mendapat presentase 100?ngan kriteria sangat baik. Pada hasil observasi indicator berpikir kritis terdapat 11 indikator yang mengalami peningkatan dari 12 indikator. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran PPKn pada siklus 1 dan II telah mengalami penigkatan karena guru telah menerapkan dengan baik dan siswa mampu menganalisis masalah nyata yang dihadapkan. Kata Kunci :Problem Based Learning,Meningkatkan, Berpikir Kritis

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up