Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MESIA KARTU NORMA BERBASIS LITERASI Di SMP SATAP NEGERI 24 SIGI
Nama: JESI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK JESI A 321 18 098, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kartu Norma Berbasis Literasi di SMP Satap Negeri 24 Sigi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako. Pembimbing Sunarto Amus, Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa, serta mengetahui kemampuan pengelolahan guru dalam pembelajaran pada siswa kelas di SMP Satap Negeri 24 Sigi. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak ll siklus. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada model Kemmis dan McTaggart yaitu: 1) orientasi, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 1 orang guru PPKn dan 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan tes tindakan evaluasi siklus 1 dan ll. Data dianalisis melalui reduksi data penyajian data dan berifikasi data atau kesimpulan. Hasil analisis tes yang dilakukan pada siklus ll diketahui bahwa dari 16 orang siswa yang mengikuti tes hanya 2 orang yang tidak tuntas sehingga presentase ketuntasan belajar Klasikal mencapai 87,5 %. Peningkatan hasil belajar tersebut telah mencapai indikator yang ditetapkan yait KBK>85% Sedangkan daya serap Klasikal mencapai 75% yang juga telah mencapai indikator yang telah ditetapkan yaitu DSK>70%. Berikut ini adalah uraian peningkatan hasil analisis tes hasil belajar dari siklus 1 ke siklus ll. Siklus 1 Ketuntasan belajar Klasikal 50% meningkat menjadi 87,5 % pada tindakan siklus ll serta presentase ketuntasan daya serap individu pada siklus 1 47,81% meningkat menjadi 75% pada sklus ll pada proses pembelajaran PPKn. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Kartu Norma, Pembelajaran PKn

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up