JudulStrategi Guru Dalam Pendidikan Karakter Toleransi Beragama Pada Pembelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Ampibabi |
Nama: MOH AHZLAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Moh Ahzlan, A32118093, 2023. Strategi guru dalam menanamkan pendidikan karakter toleransi beragama dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Ampibabo. Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Jamaludin. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam mrenananakan pendidikan karekter toleransi beragama pada pembelajaran PPKn di SMAN 1 Ampibabo (2) mendeskripsikan bagaimana efektifitas strategi guru dalam menanamkan pendidikan karakter toleransi beragama pada pembelajaran PPKn di SMAN 1 Ampibabo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Ampibabo serta informan yang berjumlah 7 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah, 1 guru PPKn dan 5 siswa siswi yang berbeda agama, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Strategi guru dalam menanamkan karakter toleransi beragama pada pembelajaran PPKn dilaksanakan dengan menerapkan metode belajar yang melibatkan partisipasi peserta didik secara aktif, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, membangun hubungan yang sportif dan penuh perhatian dikelas, menciptakan peluang agar peserta didik menjadi aktif dan penuh makna. (2) Efektifitas strategi guru dalam menanamkan karakter toleransi beragama dengan menggunakan metode diskusi, ceramah dan tanya jawab dapat terlihat dari sikap, kemampuan memahami instruksi, kegigihan, peluang, kualitas pengajaran. Kata Kunci : Strategi, karakter, Toleransi beragama |