JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA DI SMA LABSCHOOL UNTAD PALU |
Nama: JUPRIADI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Jupriadi (2022) “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa di SMA Labschool UNTAD Palu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Social, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Imran. tujuan yang penulis ingin capai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang peningkatan efektifitas belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di SMA Labschool UNTAD Palu. Apakah penerapan model discovery learning dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Labschool Untad Palu. untuk meningkatkan efektifiats belajar siswa pada pembelajaran PPKn di SMA Labschool Untad Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). observasi, wawancara, dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dalam presentasi pada siklus I dengan menunjukan jumlah skor 1803 dari 21 siswa, sehingga diperoleh peresentasi nilai rata-rata 85,8 dengan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 78, dan dilanjutkan pada siklus II dengan menunjukan jumlah skor 1910 dari 21 siswa, sehingga diperoleh peresentasi nilai rata-rata 90,95, dengan nilai KKM yaitu 78, jadi dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap Efektifitas belajar siswa di SMA Labschool UNTAD PALU Kelas XI MIA 1. mempunya peningkatan sebanyak 5,15?ri siklus I ke siklus II Secara keseluruhan bahwa menggunakan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan evektifitas belajar siswa di SMA Labschool UNTAD PALU Kelas XI MIA 1. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning |