JudulProfesionalitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora |
Nama: LULU ANGGRIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Lulu Anggriani, 2023. “Profesionalitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profesionalitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 33 orang yang terdiri dari 1 guru PPKn dan 32 siswa kelas IX. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai profesionalitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora, dapat dilihat dari indikator motivasi belajar siswa yang terdiri dari enam indikator yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita cita dimasa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar dan adanya lingkungan belajara yang kondusif, bahwa ke enam indikator tersebut sudah terlaksana. Kemudian profesionalitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar tergolong dalam kategori baik. Dapat dilihat dari hasil observasi, wawancara dan hasil angket, bahwa secara keseluruhan guru PPKn sudah melaksanakanya hal ini ditandai dengan adanya kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran, kemauan untuk belajar, dan keinginan siswa untuk berprestasi. Kata Kunci: Profesionalitas Guru dan Motivasi Belajar |