JudulPemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran PPKn Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Negeri 1 Labuan |
Nama: SAFIRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Safira, 2022. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran PPKn pada Masa Pandemi Covid-19 di MTsN 1 Labuan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran oleh guru PPKn pada masa pandemi covid-19 di MTsN 1 Labuan (2) Mendeskripsikan efektifitas pembelajaran PPKn dengan memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran pada masa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik dan alat perolehan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi kepada guru PPKn, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data dan, verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan (1) Guru PPKn memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran yaitu mempersiapkan jenis media sosial yang digunakan WhatsApp, perangkat pembelajaran, membuat grup WhatsApp, mengundang siswa join di grup. Memanfaatkan WhatsApp untuk mengirim daftar hadir, materi, dan tugas. Guru dan siswa melakukan interaksi melalui grup atau chat pribadi. Guru mengirim sosal ujian kedalam grup, juga mengevalusi siswa dengan melihat keaktifan siswa saat proses pembelajaran. (2) Pemanfaatan media sosial WhatsApp cukup efektif, karena merujuk pada beberapa aspek untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif yaitu, guru dituntut untuk dapat membuat persiapan mengajar yang sistematis, guru mempersiapkan media pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran dan perangkat pembelajaran lainnya. Proses pembelajaran yang berkualitas, proses belajar mengajar masih terbilang biasa, karena dalam penyampaian materi, guru hanya mengirim materi dalam bentuk gambar. Waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran berlangsung efektif, proses pembelajaran kurang lebih 30 menit menggunakan media sosial WhatsApp , untuk penjelasan materinya dijelaskan di google meet . Guru dan siswa memiliki motivasi yang tinggi, siswa merasa termotivasi untuk melakukan proses pembelajaran. Terjalin hubungan interaktif yang baik antara guru dan siswa, melihat keaktifan siswa bertanya dan respon yang diberikan siswa kepada guru. Kata Kunci : Memanfaatkan, Media Sosial, WhatsApp, Pembelajaran PPKn, covid-19 |