Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN GURU PPKN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMK NEGERI AMPIBABO
Nama: MAGFIRAH
Tahun: 2025
Abstrak
Magfira, “Peran Guru PPKn Dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri Ampibabo” Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Sukmawati Penelitian ini bertujuan untuk endeskripsikan peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di SMK Negeri Ampibabo serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam proses implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari guru PPKn dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn berperan penting dalam menanamkan enam dimensi utama Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran dan kegiatan proyek. Indikator beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia tampak melalui pembiasaan berdoa bersama, nasihat moral dalam pembelajaran, dan keteladanan guru. Nilai mandiri ditumbuhkan melalui tugas individu, kebebasan memilih tema proyek, dan dorongan untuk menyelesaikan masalah tanpa bergantung pada orang lain. Kemampuan bernalar kritis diasah melalui diskusi isu sosial, analisis kasus aktual, serta debat kelas yang mendorong siswa berpikir logis dan objektif. Sikap gotong royong dibentuk lewat kerja kelompok lintas jurusan dan pembagian tugas yang seimbang. Nilai kebhinekaan global diimplementasikan melalui diskusi toleransi, presentasi budaya lokal, dan refleksi keberagaman. Sementara itu, karakter kreatif berkembang melalui pembuatan poster, video, dan drama pendek sebagai media ekspresi nilai-nilai Pancasila. Namun, upaya implementasi Profil Pelajar Pancasila ini menghadapi hambatan internal dari siswa seperti rendahnya motivasi belajar dan kebiasaan negatif, serta hambatan eksternal berupa kurangnya dukungan keluarga, inkonsistensi lingkungan sekolah, dan pengaruh negatif media sosial. Diperlukan kolaborasi antara guru, sekolah, dan orang tua untuk mengoptimalkan penanaman Profil Pelajar Pancasila. Kata Kunci: Peran Guru, PPKn, Profil Pelajar Pancasila,

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up