JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BALAESANG TANJUNG |
Nama: NURUL FADHILA RAHMA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan (1) Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi lisan siswa melalui problem based learning pada mata pelajaran PPKn di kelas VII SMPN 1 Balaesang Tanjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus. Rancangan penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yaitu : 1) Tahap perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini terdiri dari 29 orang siswa kelas VII di SMPN 1 Balaesang Tanjung.Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Problem based learning pada mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan keterampilan komunikasi lisan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan. Komunikasi lisan siswa pada siklus I, Indikator 1 skor 1 (0%), indikator 2 skor 1 terdapat 6 orang siswa (20,6%), indikator 3 skor 1 (0%), indikator 4 skor 1 terdapat 4 orang siswa (13,7%), indikator 5 skor 1 terdapat 1 orang siswa (3,44%), indikator 6 skor 1 terdapat 9 orang siswa (31,0%). Komunikasi lisan siswa siklus II, Indikator 1 skor 1 (0%), indikator 2 skor 1 terdapat 1 orang siswa (3,44%), indikator 3 skor 1 (0%), indikator 4 skor 1 (0%), indikator 5 skor 1 (0%), indikator 6 skor 1 terdapat 1 orang siswa (3,44%). Hasil penelitian yang diperoleh bahwa nilai pada siklus 1 dari 6 indikator terdapat 20 orang siswa yang mendapatkan skor 1, sedangkan pada siklus II dari 6 indikator terdapat 2 orang siswa yang mendapatkan skor 1, hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan problem based learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi lisan siswa. |