JudulPELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKn SECARA TATAP MUKA TERBATAS DI KELAS VII SMPN 6 PALU PADA MASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: FITRA TRYFANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Fitra Tryfani, 2022. Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Secara Tatap Muka Terbatas di Kelas VII SMPN 6 Palu Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Jamaludin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan pembelajaran PPKn secara tatap muka terbatas pada masa pandemi covid-19 di SMPN 6 Palu, (2) Efektivitas pembelajaran PPKn secara tatap muka terbatas pada masa pandemi covid-19 di SMPN 6 Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dan selanjutnya menggunakan teknik analisis deskriptif yakni menggambarkan hasil penelitian dalam bentuk uraian kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan secara sistematis dan mengikuti panduan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dimasa pandemi-19. Dimana Pihak sekolah telah merencanakan dan melaksanakan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan membagi kelas menjadi 2 sesi, namun dari segi pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas waktu yang diberikan kepada guru hanya 60 menit atau 1 jam setiap satu kali pertemuan, siswa diberikan waktu istrahat hanya 15 menit, dan guru membuat jarak tempat duduk siswa minimal 1 meter agar tidak menyalahi aturan pemerintah dan proses pembelajaran tetap berlangsung. Pembelajaran tatap muka terbatas di SMPN 6 Palu dapat dikatakan cukup efektif. Jika mengacu lima indikator pembelajaran dikatakan efektif, yaitu: a) pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, b) proses komunikatif, c) Respon peserta didik, d) aktivitas belajar, e) hasil belajar. Pada pembelajaran di mata pelajaran PPKn, kelima indikator tersebut berjalan dengan baik dan hampir tidak ada perbedaan yang signifikan. Kata Kunci: Pembelajaran, Tatap Muka Terbatas, Masa Pandemi |