JudulIMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BERBASIS MODAL SOSIAL DI SMA NEGERI 1 SARJO KECAMATAN SARJO KABUPATEN PASANGKAYU PROVINSI SULAWESI BARAT |
Nama: MAQFIRA MUTMAINNA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Maqfira Mutmainna, A32118004, 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Modal Sosial di SMA Negeri 1 Sarjo Kecamatan Sarjo Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter bangsa berbasis modal sosial di SMA Negeri 1 Sarjo. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri atas 1 kepala sekolah, 1 guru PPKn, 6 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaaan Pendidikan Karakter Bangsa di SMA Negeri 1 Sarjo terdapat nilai-nilai karakter diantaranya (1) Peduli, (2) Tanggung Jawab, (3) Jujur. Modal sosial yang ditemukan berperan dalam pelaksanaan pendidikan karakter bangsa di SMA Negeri 1 Sarjo diantaranya adalah: (1) Kepercayaan (Trust), antar setiap individu yang sangat tinggi terhadap SMA Negeri 1 Sarjo. (2) SMA Negeri 1 Sarjo memiliki jaringan sosial yang luas. Jaringan tersebut meliputi, partisipasi masyarakat yang tinggi, solidaritas diantara individu yang kuat dan jalinan kerjasama antar individu yang terdapat dalam SMA Negeri 1 Sarjo dengan individu lain. (3) Nilai dan norma, yang dalam hal ini adalah SMA Negeri 1 Sarjo, dimana perannya sangat besar dalam mendukung kegiatan pembelajaran, khususnya dalam penyelenggaraan pendidikan karakter. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter Bangsa, Modal Sosial. |