JudulImplementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Mepanga |
Nama: SIGIT SAFUTRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Sigit safutra, 2023 " Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Mepanga". Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Imran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk nilai Karakter dalam pembentukan karakter siswa utamanya karakter tanggung jawab dan disiplin. Adapun subyek penelitian berjumlah 42 orang yaitu 39 siswa kelas X, kepala sekolah, 1 guru PPKn, dan 1 guru BK. Metode penelitian yang di gunakan adalah Deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Analisis data 3 tahap yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PPKn kelas X di SMA Negeri 1 Mepanga penyebab karakter siswa bermasalah yaitu di pengaruhi oleh dua factor yang pertama faktor internal : dari dalam diri siswa itu sendiri kepribadian yang keras, kontrol diri yang lemah, dan lingkungan keluarga. Yang kedua faktor eksternal : lingkungan tempat tinggal yang kurang baik, pergaulan bebas tanpa adanya kontrol dari orang tua, dan ekonomi. Upaya yang dilakukan guru dalam meminimalisir masalah karakter siswa yaitu, guru harus mengenali latar belakang siswa, memberikan motivasi kepada siswa tentang pentingnya pendidikan agar siswa bersemangat untuk sekolah, bekerjasama dengan orang tua siswa untuk membina karakter siswa itu sendiri. Denagn adanya implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab sangat berpengaruh nilai positif terhadap pembentukan karakter. Kata kunci : Implementasi pendidikan karakter, pembelajaran PPKn |