Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI GURU PPKn DALAM MENGATASI KEJENUHAN SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 2 WITA PONDA
Nama: ANISA JULIANUR SOLEMAN
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK ANISA JULIANUR SOLEMAN, 2022. “Strategi Guru PPKn dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa pada Pembelajaran Daring di SMP Negeri 2 Wita Ponda”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan terkait (1) persepsi guru terhadap kejenuhan belajar siswa yang terjadi dalam implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19. (2) strategi guru PPKn dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada pembelajaran daring. Adapun subjek dalam penelitian ini berjumlah 22 orang yang terdiri atas 1 Kepala Sekolah, 1 guru mata pelajaran PPKn, dan 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam persepsi guru terhadap kejenuhan siswa terdapat beberapa bentuk kejenuhan belajar yang disebabkan oleh beberapa faktor penyebab kejenuhan belajar, berupa tidak mengerti apa yang disampaikan guru, suasana belajar kurang kondusif, kurang bersemangat karena tidak bertemu teman sekelas, cara mengajar guru kurang bervariasi, serta kurang pemberian penjelasan dalam tugas. (2) strategi yang tepat digunakan mengatasi kejenuhan belajar siswa adalah menerpkan metode diskusi, penggunaan media pembelajaran, mengadakan kerja sama dengan orangtua siswa, mendisiplinkan siswa untuk mengumpulkan tugas tepat waktu, serta memotivasi belajar siswa agar tidak merasa jenuh. Kata Kunci: Kejenuhan Siswa; Strategi Guru PPKn

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up