Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AKTIF DEBAT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS VIII C SMPN 7 SIGI
Nama: RICKY SETIAWAN NTAE
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Ricky Setiawan Ntae,A32117108,2021.“Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Aktif Debat Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VIII C SMPN7 Sigi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Alri. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe aktif debat pada mata pelajaran PPKn di Kelas VIII C SMPN 7 Sigi. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II Siklus. Penelitian ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19 dengan rancangan penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yaitu: 1) Tahap perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Subyek penelitian berjumlah 20 siswa Kelas VIII C SMPN 7 Sigi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II yaitu aktivitas mengajar guru diperoleh dari 45% meningkat menjadi 85?n masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan lembar observasi kemampuan berpikir kritis siwa pada tindakan siklus I diperoleh persentase kemampuan berpikir kritis siswa yaitu 47,5% merumuskan masalah, 48,75% memberikan argumen, 46,25% memahami dan menggunakan bahasa secara tepat dan jelas, 43,75% menarik kesimpulan dan masuk dalam kategori cukup. Kemudian kemampuan berpikir kritis siswa ditingkatkan dan diperbaiki kembali pada tindakan siklus II dengan persentase 71,25% merumuskan masalah, 72% memberikan argumen, 75% memahami dan menggunakan bahasa secara tepat dan jelas, 75% menarik kesimpulan dan masuk dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe aktif debat dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci:Pembelajaran Kooperatif, Aktif Debat, Kemampuan Berpikir Kritis

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up