Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH MARAWOLA
Nama: WIWIN
Tahun: 2021
Abstrak
Wiwin, A32117105, 2021, “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di kelas XI SMK Muhammadiyah Marawola,” Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Sunarto Amus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam memahami mata pelajaran PPKn di kelas XI SMK Muhammadiyah Marawola. (2) Upaya guru mengatasi kesulitan belajar siswa dalam memahami mata pelajaran PPKn di kelas XI SMK Muhammadiyah Marawola. digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. dan tehnik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, faktor yang mempegaruhi kesulitan belajar siswa ada dua, Faktor internal: (1) Minat belajar siswa yang sangat minim. (2) Tingkat kemampuan belajar siswa sangat rendah. (3) Siswa selalu ramai sendiri dan perhatianya mudah teralihkan ketika pembelajaran PPKn berlangsung. (4) Siswa menggangap mata pelajaran PPKn sangat membosankan. (5) Siswa merasa kesulitan dalam memahami bahasa yang digunakan guru. Faktor eksternal: (1) lingkungan sekolah (2) lingkungan keluarga (3) lingkungan masyarakat. Upaya yang dilakukan guru PPKn adalah memperkirakan kemungkinan bantuan, menetapkan cara mengatasi dan tindak lanjut kegiatan melakukan pengajaran remedial. Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan Belajar Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up