JudulIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VIII A SMP NEGERI 2 BOLANO |
Nama: SANITA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Sanita, A32117101, 2021. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay TWo Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PPKn di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Bolano”. S kripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Imran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua silkus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap silkus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Bolano yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PPKn dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray cukup signifikan. Peningkatan keaktifan belajar siswa terlihat pada : (1) siswa yang memperhatikan penjelasan guru, (2) siswa membaca materi pelajaran, (3) siswa mengerjakan kasus atau tugas secara kelompok, (4) siswa berdiskusi dengan sesama anggota kelompok untuk memecahkan masalah, (5) siswa bertanya kepada guru atau teman dalam proses pembelajaran dan diskusi, (6) siswa memcatat materi pelajaran, (7) siswa membantu sesama anggota kelompok untuk menguasai materi pelajaran, Dan (8) Siswa mendengarkan presentasi atau penjelasan dari teman atau guru. Keaktifan belajar siswa dilihat dari hasil observasi yang dilakukan selama proses penelitian yakni pada siklus I mencapai 58,85?n pada siklus II meningkat menjadi 80,46%. Dengan demikian secara keseluruhan kekatifan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 21,61%. Peningkatan keaktifan tersebut terjadi secara bertahap dari kategori cukup menjadi sangat aktif. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stary dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di kelas VIII A SMP Negeri 2 Bolano Kata Kunci : Keaktifan Belajar Siswa, Two Stay Two Stary , PPKn |