JudulStrategi Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 21 Palu |
Nama: PEBRIANA S MAKSUD |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Pengelolaan kelas dalam Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa SMP Negeri 21 Palu. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 21 Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif . Adapun Subjek penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri 1 Kepala Sekolah, 1 Guru PPKn, dan 2 orang Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Strategi Pengelolaan kelas dalam Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa SMP Negeri 21 Palu, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa strategi pengelolaan kelas untuk meningkatkan hasil belajar sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi, wawancara dan juga dokumentasi yang dilakukan terhadap guru PPKn tersebut. Peneliti menguraikan strategi pengelolaan kelas yang sudah terlaksana oleh guru PPKn yaitu kebijakasaan bagi siswa yang terlambat, pemberian remedial, pengembangan organisasi kelas, kerjasama dan saling menghormati, keterlibatan siswa dalam rencana pembelajaran, pengembangan proses pembelajaran, pengembangan sistem evaluasi pembelajaran. dan adapun faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal dari dalam diri individu, faktor eksternal faktot dari luar diri individu, dan faktor pendekatan belajar. Kata Kunci: Strategi Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa. |