JudulPenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Di Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan A SMK Negeri 3 Palu. |
Nama: SRI INGGRID DIAH HANDAYANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskipsikan penerapan Model Problem Based Learning melalui untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa dalam pembelajaran PPKn di kelas X Teknik Komputer dan Jaringan A SMK Negeri 3 Palu dan mengetahui kendala-kendala dalam penerapannya. Lokasi penelitian ini di SMK Negeri 3 Palu. Subyek penelitian ini yaitu guru dan siswa di di kelas X Teknik Komputer dan Jaringan A SMK Negeri 3 Palu. Peneliti juga menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh melalui dokumentasi dan studi kepustakaan dengan bantuan buku, dan jurnal yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini yaitu Kemampuan mengungkapkan pendapat dalam berdiskusi yang ditunjukkan siswa kelas kelas X Teknik Komputer dan Jaringan A SMK Negeri 3 Palu dalam pembelajaran yang paling menonjol, terletak pada kegiatan siswa pada saat siswa mampu bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa lain dalam presentasinya dikaitkan dengan fakta yang ada di lapangan dan logis sesuai dengan pemikiran siswa lain. Pertanyaan yang diajukan mampu dijawab dengan mempertimbangkan jawaban yang berdasarkan fakta dan logis dan Kendala guru dalam menerapkan model PBL adalah dalam hal pengelolaan kelas khususnya pembelajaran yang aktif sedangkan kendala dari siswa kendala yang muncul pada saat penerapan model Problem Based Learning terletak pada kemampuan siswa dalam bertanya. Kata Kunci: Model, Pembelajaran dan Problem Based Learning. |