JudulPenerapan Teori Sibernetik Sebagai Upaya Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas VII B SMP Negeri 3 Pamona Selatan |
Nama: ASTRI OKTAVIA TUMOMPA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Teori Sibernetik sebagai Upaya Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VII B SMP Negeri 3 Pamona Selatan.Waktu penelitian ini dilakukan selama 1 bulan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif (Non Probability). Metode pengumpulan data merupakan fase terpenting dalam penelitian. Dalam mengumpulkan data kualitatif, sasaran yang dipelajari adalah terkait upaya menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VII B SMP Negeri 3 Pamona Selatan, ini menggunakan Teknik pengumpulan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa teori belajar sibernetik mampu menumbuhkan berpikir kritis siswa SMPN 3 Pamona Selatan. Indikator-indikator berpikir kritis siswa, yaitu kemampuan interpretasi, menganalisis, mengevaluasi, inferensi, explanation dan self-regulation telah tercukupi dan menggambarkan keberhasilan penerapan teori ini dalam merangsang potensi kreatif siswa dan memperkaya pengalaman pembelajaran mereka. Temuan ini memberikan landasan penting bagi pengembangan pendidikan yang inovatif dan berdaya saing di masa depan Kata Kunci : Teori Sibernetik, Berpikir Kritis, PPKN |