JudulPenerapan Efektivitas Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Pembelajaran PPKn Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs DDI Ogoamas |
Nama: NURHIDAYAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan Untuk untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Pembelajaran PPKn Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs DDI Ogoamas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa VIII MTs DDI Ogoamas Kecamatan Ogoamas Kabupaten Donggala, dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes soal, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. keberhasilan penelitian ini ditentukan oleh Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 84 dan secara klasikal 80% siswa mencapai KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan efektivitas belajar siswa,hal ini dapat dilihat dari terjadinya peningkatan hasil belajar dari sebelum tindakan hasil belajar siwa rata?rata 67,9, sedangkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 79, dengan ketuntasan belajar 56,7%. Hal ini juga dapat dilihat pada aktivitas siswa yaitu pada siklus I berada pada kategori rendah dan siklus II berkategori tinggi sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada setiap siklus yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 86,4 dengan ketuntasan belajar 86,7%. Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan efektivitas belajar PPKn siswa kelas VIII MTs DDI Ogoamas. Kata kunci : Model Pembelajaran Ekspositori, PPKn, Efektivitas belajar. |