Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VII SMP SATU ATAP NEGERI 1 PARIGI BARAT KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Nama: CICIPTA PUSPA DWI KAY
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Cicipta Puspa Dewi Kay,A32117083,2023.“Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PPKn di Kelas VII SMP Satu Atap Negeri 1 Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Imran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran tipe think talk write untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di Kelas VII SMP Satu Atap Negeri 1 Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II Siklus. Rancangan penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yaitu: 1) Tahap perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Subyek penelitian berjumlah 25 siswa Kelas VII SMP Satu Atap Negeri 1 Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu meningkatnya aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II yaitu aktivitas guru diperoleh dari 47,5% meningkat menjadi 77,5?n masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan lembar observasi aktivitas siswa pada tindakan siklus I diperoleh persentase aktivitas siswa yaitu siswa yang terlihat aktif belajar 42% mengajukan pertanyaan 39%, menjawab pertanyaan 34%, saling berinteraksi 38% menjawab pertanyaan dan masuk dalam kategori cukup. Kemudian aktivitas belajar siswa ditingkatkan dan diperbaiki kembali pada tindakan siklus II dengan persentase 68% siswa yang terlihat aktif belajar , 57% mengajukan pertanyaan, 58% menjawab pertanyaan, 57% saling berinteraksi dan masuk dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tipe think talk write dapat meningkatkan aktivitas belajar. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Think Talk Write (TTW), PPKn

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up