Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS VIII B SMPN 6 PALU
Nama: MOH KURNIAWAN
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Moh Kurniawan,A32117078,2021.“Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Kelas VIII B SMPN 6 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Imran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dalam pembelajaran PPKn Kelas VIII B SMPN 6 Palu. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II Siklus. Subyek penelitian berjumlah 25 orang siswa Kelas VIII B SMPN 6 Palu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu meningkatnya aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II yaitu aktivitas guru diperoleh dari 47,5% meningkat menjadi 77,5?n masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan observasi aktivitas siswa pada tindakan siklus I diperoleh persentase indikator aktivitas siswa yaitu 44% siswa yang terlihat aktif belajar, 36% siswa yang bertanya, 39% siswa yang menjawa, 39% siswa yang saling berinteraksi membahas materi pelajaran dan masuk dalam kategori cukup. Kemudian ditingkatkan dan diperbaiki kembali pada tindakan siklus II dengan persentase 62% siswa yang terlihat aktif belajar, 60% siswa yang bertanya, 61% siswa yang menjawab,62% siswa yang saling berinteraksi membahas materi pelajaran dan masuk dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dapat meningkatkan aktivitas belajar. Kata kunci: Contextual Teaching And Learning, Aktivitas Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up