Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK DI KElAS VIII E SMP NEGERI 1 BALAESANG KABUPATEN DONGGALA
Nama: FIRDA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Firda, A 321 17 076, 2021. “ Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick di Kelas VIII E SMP Negeri 1 Balaesang Kabupaten Donggala”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Alri Lande. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PPKn menggunakan model pembelajaran tipe Talking Stick di kelas VIIIE SMP Negeri I Balaesang Kab. Donggala. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret mulai dari tanggal 1-23 Maret 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi , wawancara, dan dokumentasi. Dengan menerapkan model pembelajaran tipe talking stick dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa berupa meningkatnya indikator-indiktaor belajar yaitu menjawab pertayaan, mengajukan pertayaan, mengemukakan pendapat dalam diskusi, dan menyimpulkan materi pembelajaran. Berdasarkan lembar observasi keaktifan belajar siswa pada siklus I dalam aspek menjawab pertayaan yaitu dengan persentase sebesar 42,5?n meningkat pada siklus II menjadi 60,1%. Aspek mengajukan pertayaan pada siklus I diperoleh persentase sebesar 25,5?n meningkat kembali pada siklus II yaitu 46,9%. Aspek mengemukakan pendapat pada siklus I diperoleh persentase sebesar 33?n meningkat kembali pada siklus II menjadi 51,8%. Aspek menyimpulkan materi pembelajaran pada siklus I diperoleh persentase yaitu 29?n meningkat kembali menjadi 46,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran tipe talking stick dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa khususnya pada kelas VIII E SMP Negeri 1 Balaesang Kabupaten Donggala. Kata Kunci : Pembelajaran Tipe Talking Stick , Keaktifan Belajar , PPKn.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up