JudulIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VIII SMP NEGERI SATAP 4 SINDUE TOBATA |
Nama: DIAN SAFITRI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Dian Safitri, A32117075,2023. “ Implementasi Model Pembelajaram Kooperatif Learning Tipe Group Investigation (GI) Untuk menngkatkan keaktifan Belajar siswa Dalam Pembelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri Satap 4 Sindue Tobata ” Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Hasdin Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari empat tahapan 1) Tahapan perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) observasi 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru PPKn dan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Satap 4 Sindue Tobata yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, pentingnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PPKn dengan model kooperatif Learning Tipe Group Investigation (GI)cukup signifikan peningkatan keaktifan belajar siswa terlihat pada (1)Perhatian siswa dalam penjelasan guru (2) Kerja sama siswa dalam kelompok (3) kemampuan siswa dalam mengemuakakn pendapatnya sendiri (4) keberanian siswa dalam mengemukakan pertanyaan (5) memeberikan pendapat atau gagasan (6) saling membantu dalam menyelesaikan masalah dalam diskusi kelompok (7) mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu aktivitas guru siklus I ke siklus II diperoleh 42,85% meningkat menjadi 76,8?n masuk dalam kategori baik. Keaktifan belajar siswa dilihat dari hasil observasi yang dilakukan selama proses penelitian yakni pada siklus I mencapai 57,59?n pada siklus II meningkat menjadi 82,14%. Dengan demikian secara keseluruhan keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 24,55%. Peningkatan keaktifan tersebut terjadi secara bertahap dari kategori cukup menjadi sangat aktif. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa salam pembelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri Satap 4 Sindue Tobata. Kata Kunci : Keaktifan Belajar Siswa, Group Investigation (GI), PPKn |