Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII A Di SMP Negeri 16 Palu
Nama: ZAINAB
Tahun: 2021
Abstrak
Zainab, A32117073, 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran PPKn kelas VIII A di SMP Negeri 16 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta mengetahui kemampuan pengelolaan guru dalam pembelajaran melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran PPKn kelas VIII A di SMP Negeri 16 Palu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus. Rancangan penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yaitu : 1) Tahap perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subyek penelitian kelas VIII A di SMP Negeri 16 Palu berjumlah 30 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Tes, Dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I diketahui bahwa dari 30 siswa yang mengikuti tes ada 18 siswa yang tidak tuntas sehingga presentase Ketuntasan Belajar Klasikal mencapai 40?n presentase Daya Serap Klasikal mencapai 69,46. Hal ini belum mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan sehingga harus diperbaiki pada siklus II. Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus II meningkat dari 30 siswa yang mengikuti tes hanya 3 siswa yang tidak tuntas dan 27 siswa yang tuntas sehingga presentase Ketuntasan Belajar Klasikal mencapai 90?n presentase Daya Serap Klasikal mencapai 80,83%. Peningkatan hasil belajar ini telah mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan yaitu Ketuntasan Belajar Klasikal 85%, sedangkan Daya Serap Klasikal 70%. Adapun uraian peningkatan analisis tes hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, siklus I Ketuntasan Belajar Klasikal 40% meningkat menjadi 90% pada tindakan siklus II dan prsentase Ketuntasan Daya Serap Klasikal pada siklus I yaitu 69,46% meningkat menjadi 80,83% pada siklus II dalam pembelajaran PPKn kelas VIII A di SMP Negeri 16 Palu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Pembelajaran PPKn.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up