JudulPENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DENGAN PEMBERIAN TUGAS PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS VII C SMP NEGERI 2 BUNGKU DI MASA PANDEMI COVID-19 |
Nama: HANISA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Hanisa (2021), Penerapan Metode Kerja Kelompok Dengan Pemberian Tugas Pada Pembelajaran PPKn Kelas VII C SMP Negeri 2 Bungku Di Masa Pandemi Covid-19. skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako, Pembimbing Muh Ali Jennah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Proses Penerapan Metode Kerja Kelompok Dengan Pemberian Tugas Pada Pembelajaran PPKn Kelas VII C SMP Negeri 2 Bungku Di masa Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan “Bagaimana Penerapan Metode Kerja Kelompok Dengan Pemberian Tugas Pada Pembelajaran PPKn Kelas VII C Di masa Pandemi Covid-19”. Penelitian ini ,menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn berjumlah 1 orang dan siswa kelas VII C yang berjumlah 38 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan oleh peneliti adalah melengkapi dan analisis data. Hasil penelitian menujukkan bahwa proses penerapan metode kerja kelompok dengan pemberian tugas di masa pandemi covid-19 di Kelas VII C SMP Negeri 2 Bungku dapat memberikan hal positif yang mampu mempengaruhi hasil belajar siswa di akhir pembelajaran. Tetapi perlu untuk menemukan solusi untuk mengurangi kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa maupun guru. Kata Kunci : Penerapan, Kerja kelompok ,pembelajaran PPKn. |