JudulDAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KETUNTASAN MATERI AJAR PPKn KELAS VII DI SMP NEGERI 19 PALU |
Nama: SAKRI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Sakri, A32117061, 2022. “Dampak Pembelajaran Online Terhadap Ketuntasan Materi Ajar PPKn Kelas VII Di SMPN 19 Palu.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Sunarto Amus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: dampak pembelajaran online terhadap tingkat ketuntasan materi ajar PPKn yang di sampaikan oleh guru, dan menganalisis kendala yang dialami siswa saat menerima materi ajar yang di berikan oleh guru PPKn. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat ketuntasan materi ajar yang disampaikan guru PPKn pada masa pandemi tergolong rendah, materi ajar harus tetap mengacu pada RPP dan kurikulum yang telah ditetapkan oleh dinas pendidikan. Sebelum menyampaikan materi ajar guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan rangkuman-rangkuman materi melalui aplikasi zoom ataupun whatsapp. Kendala siswa saat menerima materi yaitu, jaringan yang kurang baik, penjelasan guru tidak memudahkan siswa memahami materi, guru memberikan tugas yang terkadang materinya belum tersampaikan lebih awal sehingga membuat siswa menjadi bingung, kondisi keadaan di rumah antar interaksi keluarga yang menganggu pembelajaran dan pulsa data yang digunakan sebagai penunjang pembelajaran dari pemerintah tidak mencukupi untuk kebutuhan belajar dimasa pandemi. Kata Kunci: Dampak, Pembelajaran Online, Materi Ajar |