Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAUSU
Nama: NI PUTU SUPARTINI
Tahun: 2021
Abstrak
ABTRAK Ni Putu Supartini,A32117059,2021.“Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan interaktifpada pembelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sausu”, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Asep Mahpudz. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil belajar dengan pendekatan interaktif pada pembelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sausu. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru PPKn berjumlah 1 orang dan siswa berjumlah 27 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan interaktif dalam pembelajaran PPKn dapat berjalan dengan baik dikarenakan siswa mengikuti dengan seksama proses pembelajaran, siswa menyimak pertanyaan/isu yang terkait dengan pembelajaran, siswa dalam berdiskusi sangat aktif bertanya, menjawab, menyanggah, maupun memberi saran terhadap jawaban dari kelompok lain dan hasil belajar siswa yakni berdasarkan empat aspek perilaku yang dinilai mencakup ekspresi, menyampaikan pendapat, menanggapi pendapat dan mempertahankan pendapat diperoleh nilai ekspresi bernilai (74,07), menyampaikan pendapat bernilai (70,37), menanggapi pendapat bernilai (77,77), mempertahankan pendapat bernilai (70,37) di Kelas VIII di SMP Negeri 3 Sausu. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran PPKn, Pendekatan Interaktif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up