JudulPengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Terhadap Hasil Pembelajaran PPKn Di Kelas X TKJ A SMK Negeri 3 Palu |
Nama: SURYANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Suryani. 2024. Pengaruh metode pembelajaran berbasis TIK terhadap pembelajaran PPKn di Kelas X TKJ A SMK Negeri 3 Palu. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan lmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Imran. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran berbasis TIK terhadap pembelajaran PPKn di Kelas X TKJ A SMK Negeri 3 Palu. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TKJ A SMK Negeri 3 Palu tahun ajaran 2022/2023, dengan sampel penelitian sebanyak 34 siswa kelas X. Data penggunaan media pembelajaran TIK diperoleh dengan menggunakan angket dan dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstanta sebesar 6,151 menyatakan bahwa jika tidak ada nilai media pembelajaran TIK maka pembelajaran PPKn sebesar 6,151. Koefisien regresi X1 sebesar 1,882 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai media pembelajaran TIK , maka nilai pembelajaran PPKn bertambah sebesar 1,882. Media pembelajaran TIK dengan pembelajaran PPKn memiliki nilai sig 0,042 < 0,05, menyatakan terdapat korelasi atau hubungan antara media pembelajaran TIK dengan pembelajaran PPKn. Analisis data yang telah dilakukan menggunakan uji koefisiensi determinasi diketahui kontribusi yang diberikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan PPKn sebesar 0,123, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (media pembelajaran TIK) terhadap variabel terikat (pembelajaran PPKn) adalah sebesar 12,3%, sedangkan sisanya yaitu 87,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Media Pembelajaran TIK dan Pembelajaran PPKn |