Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN BELAJAR KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN PPKn DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI SMAS GKST IMANUEL PALU
Nama: ELSA LAURA IMANIAR
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Elsa Laura Imaniar 2022, “Penerapan Belajar Kelompok pada Mata Pelajaran PPKn Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di SMAS GKST Imanuel Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hasdin. Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dalam menerapkan metode belajar kelompok pada pembelajaran PPKn di masa pandemi Covid-19 di SMAS GKST Imanuel Palu. 2). Untuk menerapkan metode belajar kelompok yang diterapkan guru pada pelajaran PPKn di masa pandemi Covid-19 di SMAS GKST Imanuel Palu. 3). Untuk mengetahui tingkat efektifitas belajar kelompok pada mata pelajaran PPKn secara daring di SMAS GKST Imanuel Palu. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Guru PPKn dan siswa kelas X MIA dan IIS. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kesulitan belajar siswa disebabkan kurangnya sarana dan prasarana di masa pendemi Covid-19, seperti siswa tidak seluruhnya memliki fasilitas berupa laptop, komputer, handphone android dan quota internet. 2) Proses penerapan metode belajar kelompok di mulai dengan beberapa langkah yang di awali dengan pembagian kelompok, pembagian materi, belajar kelompok dan presentase pada setiap kelompok. 3) Penerapan menggunakan metode belajar kelompok pada mata pelajaran PPKn kelas X MIA dan X IIS di SMAS GKST Imanuel Palu sudah efektif yang dibuktikan dengan hasil lembar observasi guru dan siswa yang menjelaskan bahwa keaktifan serta partisipasi guru dan siswa dalam menerapkan metode belajar kelompok, disertai suasana kelas yang aktif saat proses diskusi tanya jawab dapat mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa. Kata Kunci: Belajar Kelompok, Kesulitan Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up