Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII A DI SMP NEGERI 19 PALU
Nama: FIRANIKA MOHA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Firanika Moha 2021, “Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII A di SMP Negeri 19 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Jamaludin. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn di masa pandemi. 2) Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn. 3) Untuk mendeskripsikan bidang apa saja yang perlu diperbaiki agar pelaksanaan pembelajaran daring berjalan dengan lebih baik kedepannya. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru PPKn yang berjumlah 1 orang dan 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn kelas VIII A di SMP Negeri 19 Palu tidak efektif, hal ini dapat dilihat dari proses pelaksanaan pembelajaran yang belum maksimal. Adapun faktor penyebabnya yaitu fasilitas berupa handphone, kuota internet, koneksi jaringan, keterbatasan guru dalam menggunakan teknologi dan sosial media serta keterbatasan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Dan siswa yang tidak terfasilitasi dalam pembelajaran daring, guru memfasilitasi siswa dengan memberi tugas-tugas tambahan secara individu. 2) Kelebihan dari pembelajaran daring tersebut ialah, bisa online di mana saja dan tidak harus formal. Adapun kekurangan dari pembelajaran daring ini adalah sulit diakses, minimnya pemahaman siswa terhadap materi, kurangnya pengawasan dalam belajar, kurangnya fokus siswa dalam proses pembelajaran serta boros kuota data internet. 3) Bidang yang perlu diperbaiki dalam pembelajaran daring tersebut ialah terjalinnya kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua siswa, serta ketersediaannya sarana dan prasarana berupa handphone, laptop, dan kuota data maupun layanan internet (wifi) dalam menunjang keterlaksanaan-Nya pembelajaran yang berkualitas. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran PPKn.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up