Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 SINIU
Nama: TRI LISTIA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK TRI LISTIA, 2021 “Penerapan Model Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran PPKn di Kelas VIIIB SMP Negeri 1 Siniu“ skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Anthonius Palimbong. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan aktivitas siswa melalui penerapan model Problem Based Instruction ( PBI) pada pembelajaran PPKn di kelas VIIIB SMP Negeri 1 Siniu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan jumlah siswa 16 orang, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa serta wawancara siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran PPKn melalui pendekatan model Problem Based Instruction. Model Problem Based Instruction dikembangkan untuk membantu siswa dapat menyusun pengetahuan mereka sendiri, memecahkan masalah, mengembangkan inkuiri dan rasa percaya diri serta model Problem Based Instruction juga suatu inovasi yang dilakukan agar pembelajaran lebih beervariasi, menarik, dan bermakna sehingga model Problem Based Instruction dapat meningkatkan aktivitas siswa pada setiap pertemuannya. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai persentase nilai rata-rata 58?n pertemuan kedua dengan persentase nilai rata-rata mencapai 65,62?ngan kategori Cukup. Kemudian kembali meningkat di siklus II pada pertemuan pertama mencapai persentase nilai rata-rata 72,53?n meningkat pada pertemuan kedua mencapai persentase nilai rata-rata 81,44?ngan kategori Baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Instruction dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Siniu. Kata kunci: Model Problem Based Instruction, Aktivitas Belajar, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up