JudulSTRATEGI PEMBINAAN KARAKTER DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS II PALU |
Nama: MEDIAN GEOFANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Median Geofani, 2023. Strategi Pembinaan Karakter di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Hasdin, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tentang strategi pembinaan karakter anak didik pemasyarakatan oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Palu (2) mendeskripsikan bentuk-bentuk Pembinaan Karakter di LPKA Klas II Palu (3) mengetahui faktor-faktor yang menghambat pembinaan karakter. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Palu. Subjek pada penelitian ini adalah anak binaan di LPKA yang berjumlah dua puluh lima orang dan informan terdiri dari sebelas orang, di antaranya adalah dua orang petugas lapas, empat orang pembina dari luar LPKA, lima anak binaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sedangkan data dan informasi dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini di lakukan di LPKA Klas II Palu. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) strategi yang digunakan dengan melibatkan orang tua sebagai motivator anak didik dan membangun hubungan kerjasama dengan berbagai lembaga dapat memberikan perubahan sikap, perilaku, pengetahuan dan memberikan motivasi bagi anak didik untuk menjalani pembinaan. (2) bentuk pembinaan meliputi pembinaan Keagamaan dalam membentuk karakter religius dan disiplin. pembinaan kemampuan intelektual dalam membentuk karakter rasa ingin tahu dan gemar membaca. pembinaan etika, moral dan tanggung jawab dalam membentuk karakter kontrol diri, peduli sosial, mandiri dan tanggung jawab. pembinaan dan pelatihan jasmani dan rohani dalam membentuk karakter kerja keras dan disiplin. pembinaan keterampilan produktif dalam membentuk karakter mandiri, kreatif, kerja keras dan kerja sama. (3) faktor penghambat adalah anak didik tidak fokus dalam mengikuti pembinaan, jadwal pembinaan bertabrakan dengan piket bersih-bersih, anak didik baru yang bermasalah, kurangnya kepedulian orang tua dan keluarga, penyesuaian jadwal pembinaan baru. Kata Kunci: Strategi, Pembinaan, Karakter, Lembaga, Anak |