JudulUPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS IX A PASCA PANDEMI COVID 19 DI SMPN 12 PALU |
Nama: ABDUL RAPIK S PAKAYA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Abdul Rapik S. Pakaya, A32117036, 2023. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IX A Pasca Pandemi Covid 19 di SMPN 12 Palu”. Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Sukmawati. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar PPKn siswa kelas IX A pasca pandemi covid 19 di SMPN 12 Palu. 2) Untuk mengidentifikasi upaya guru dalam meningkatkan minat belajar PPKn siswa kelaIX A pasca pandemi covid 19 di SMPN 12 Palu. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 seorang guru PPKn dan 4 sisswa sebagai sampel, 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan dari jumlah keseluruhan 21 orang siswa kelas IX A yang mana terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian di temukan siswa yg kurang fokus dalam menerima pelajaran. Adapun faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi: 1) Kesiapan belajar siswa, 2) Bakat yang di miliki siswa, 3) Hobi yang di miliki siswa, 4) Cita-cita yang ingin di capai siswa. Faktor eksternal meliputi: 1) Motivasi dukungan seorang guru, 2) Perhatian orang tua, 3) Lingkungan pergaulan, 4) Fasilitas belajar. Adapun upaya guru dalam meningkatkan minat belajar PPKn siswa kelas IX A pasca pandemi covid 19, guru selalu berusaha menciptakan suasana yang kondusif dalam proses pembelajaran dan sesekali memberikan motivasi kepada siswa, juga berusaha menghindari kebiasaan monoton dalam metode pembelajaran, memberikan pertanyaan langsung atau memberikan kesempatan bertanya kepada siswa dan saling tanya jawab antara siswa agar tetap aktif dalam kegiatan belajar, menggunakan media pembelajaran seperti media audio, media visual, dan media audio visual yang berkaitan dengan materi pelajaran agar siswa tidak bosan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Meningkatkan Minat Belajar. |