JudulMeningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas VIII C SMP Negeri 2 Balaesang |
Nama: MUH ALIF |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK MUH ALIF, 2021. Meningkatkan Pemahaman siswa pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran Discovery Learning di Kelas VIII C SMP Negeri 2 Balaesang”Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Jamaludin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning di kelas VIII C SMP Negeri 2 Balaesang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II Siklus. Rancangan penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yaitu: 1) Tahap perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Subyek penelitian berjumlah 35 siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Balaesang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu meningkatnya pemahaman siswa dari siklus I ke siklus II. Hal ini bisa dilihat dari hasil PreTest (Siklus I) yang tuntas berjumlah 12 orang dengan persentase 34,28%. Siklus I (Post Test) yangtuntasberjumlah18orangdenganpersentase 51,4%. Selanjutnya pada Post Test (Siklus II) dari 35 siswa pada siklus II (Post Test) yangtuntasberjumlah31orangdenganpersentase 88,71%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan tergolong kategori sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Pemahaman Siswa |