JudulDAMPAK KELUARGA BROKEN HOME PADA MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 PALU |
Nama: HAIRULISMA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Hairulisma, A32117027,2021. “Dampak Keluarga Broken Home Pada Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 4 Palu.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Skripsi : Bapak Imran Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak keluarga broken home pada motivasi belajar siswa di SMA Negeri 4 palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling, guru PPKn, lima orang tua siswa dan lima siswa yang mengalami keluarga broken home. teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. dan teknik analisis data meliputi : reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dampak keluarga broken home pada motivasi belajar siswa berbeda-beda pada setiap anak, siswa yang broken home karena orang tuanya meninggal masih memiliki motivasi belajar karena ia mempunyai cita-cita yang harus ia capai. sedangkan beberapa siswa yang orang tuanya bercerai juga berbeda-beda, siswa yang orang tuanya bercerai ketika ia masih kecil tidak begitu berpengaruh terhadap motivasi belajarnya, ia memiliki motivasi belajar karena kedua orang tuanya masih memperhatikan dirinya dan sekolahnya namun bukan berarti ia tidak merasa sedih karena perceraian kedua orang tuanya. Siswa yang orang tuanya bercerai sejak mereka SMP dan ayah mereka memutuskan untuk menikah lagi kurang memiliki motivasi belajar karena mereka merasa tidak begitu diperhatikan lagi dengan salah satu orang tuanya, yang pada akhirnya membuat mereka malas untuk ke sekolah dan tidak mengerjakan tugas. Kata Kunci : Keluarga, Broken Home, Motivasi Belajar |