JudulHUBUNGAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASIBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn Di KELAS VIII MTsN 3 DONGGALA |
Nama: NINING MARKHAMAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak Nining Markhamah (2021). Hubungan kemampuan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII MTs Negeri 3 Donggala, Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraam, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Imran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan kemampuan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan jenis analisis korelasional.Variabel yang diteliti yaitu variabel kemampuan mengajar guru sebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat.Adapun populasi dalam penelitian berjumalah 44 orang siswa-siswi.Metode pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan analisis data menggunakan analisis data deskriptif presentase dan analisis inferensial.Hasil perhitungan koefisisen korelasi (r) sebesar 0,822. Kemudian nilai r akan dikonsultasikan tabel interpretasi nilai (r) yaitu (0,00-0,199) sehingga ada hubungan yang positif antara kemampuan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa ditolak. Berdasarkan perhitungan statistik uji diketahui bahwa variabel kemampuan mengajar guru diperoleh nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (0,822-2,009) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak sehingga tidak signifikan dan tidak terdapat hubungan kemampuan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII MTsN 3 Donggala. Kata Kunci: Kemampuan Mengajar Guru, Prestasi Belajar Siswa |