Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKontribusi Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMK Nurul Islam Tawaeli Palu
Nama: KURNIADI ALISAN
Tahun: 2025
Abstrak
Kurniadi Alisan, A32117019, 2024, “Kontribusi Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMK Nurul Islam Tawaeli Palu”. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Imran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi sarana belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dan mendeskripsikan kontribusi sarana belajar apa yang dominan terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn di SMK Nurul Islam Tawaeli Palu. Jenis data wawancara test, observasi dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Nurul Islam Tawaeli yang berjumlah 23 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan pada siswa kelas XI SMK Nurul Islam Tawaeli diketahui bahwa sarana belajar sangat menunjang hasil belajar siswa. Mayoritas siswa lebih suka belajar dengan menggunakan infokus, PPT dan sebagainya. Siswa yang menyukai sarana belajar dengan menggunakan alat pelajaran yaitu sebanyak 7 orang, siswa yang menyukai sarana belajar dengan menggunakan alat peraga yaitu sebanyak 3 orang dan siswa yang menyukai sarana belajar dengan menggunakan media pembelajaran sebanyak 13 orang. Dapat disimpulkan bahwa kontribusi sarana belajar sangat menunjang hasil belajar siswa di SMK Nurul Islam Tawaeli Palu. Kata Kunci : Kontribusi Sarana Belajar, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up