Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PALU
Nama: NI KADEK DINA WATI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Ni Kadek Dina Wati, 2021. “Penerapan Metode Debat Aktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 2 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Anthonius Palimbong. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn di kelas VIII SMP Negeri 2 Palu dengan menggunakan metode debat aktif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B yang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan secara bersiklus dan setiap siklusnya terdiri dari tindakan secara bertahap yaitu planning, action, observation, dan reflection. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa dengan menerapkan metode debat aktif dapat meningkatakan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn di kelas VIII B SMP Negeri 2 Palu tahun ajaran 2020 semester 1. Hasil penelitian pada siklus 1 telah diterapkan metode pembelajaran debat aktif siswa sudah mengalami peningkatan karena siswa memperoleh skor tertinggi 93 dan skor terendah 55, nilai rata-rata 81,90 banyaknya siswa yang tuntas pada tindakan siklus 1 yaitu 25 orang dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 7 orang siswa. Tetapi penelitian belum tuntas dengan hasil tersebut karena masih ada siswa yang belum tuntas sehingga untuk memperbaiki kelemahan yang ada pada siklus 1 maka tindakan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus ke II, jika dilihat dari tes awal terjadi peningkatan karena nilai rata-rata yang diperoleh 84,37 skor terendah 50 sedangkan skor tertinggi 100 dan banyaknya siswa yang tuntas 29 orang siswa dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 3 orang dari 32 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode debat aktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII B SMP Negeri 2 Palu. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Debat Aktif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up