JudulPeran Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Siniu |
Nama: SUCIANUR |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK SUCIANUR (2024), Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Siniu. SKRIPSI, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Sunarto Amus. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan bentuk pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Siniu. 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Siniu. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang tua siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Siniu. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bentuk pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Siniu adalah orang tua berperan dalam memotivasi belajar siswa dengan segala kesulitan yang ada tidak menghambat orang tua untuk memberikan yang terbaik bagi anaknya, diantaranya orang tua berperan terhadap siswa sebagai edukator, motivator, fasilitator dan pembimbing. 2) faktor penghambat peran pola asuh orang tua dalam motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Siniu adalah keterbatasan pada kurangnya ilmu pengetahuan dari orang tua dan sulitnya perekonomian orang tua untuk memenuhi segala fasilitas belajar siswa. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa |