JudulPERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI 3 PARIGI |
Nama: MAGFIRAH NUSRAINI. M |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Magfirah Nusraini. M, (2021). Peran Guru PPKn dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa di SMP Negeri 3 Parigi. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Sunarto Amus. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa di SMP Negeri 3 Parigi. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan moral siswa di SMP Negeri 3 Parigi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn berjumlah 1 orang, Kepala sekolah, guru BK berjumlah 1 orang dan siswa-siswi kelas VII dan VIII di SMP Negeri 3 Parigi yang diambil secara acak dari setiap kelas tersebut yang berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Guru PPKn berperan dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa melalui nilai-nilai kecerdasan moral seperti mengembangkan sikap empati, menumbuhkan hati nurani, menumbuhkan pengendalian diri, mengembangkan sikap menghormati orang lain (respect), memelihara kebaikan, mengembangkan sikap toleransi, dan mengembangkan sikap adil. Dan siswa juga sudah dapat menunjukkan kompetensi moral melalui 4 aspek yaitu integritas, tanggung jawab, kasih sayang dan pemaaf. Mendorong siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sebagai wadah mengembangkan kecerdasan moral siswa terutama dalam membentuk sikap. (2) Peran guru PPKn dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan mengevaluasi pembalajaran berpengaruh dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa dan sudah terlaksana dengan baik dan optimal dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran serta ditunjukkan dengan perilaku siswa yang sudah baik disaat proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran melalui penanaman nilai moral dan pembiasaan-pembiasaan yang baik. Kata kunci: Peran Guru, PPKn, Kecerdasan Moral. |