JudulKOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PEMULA DALAM MANAJEMEN KELAS DI SMA KOTA PALU |
Nama: KHOIRUL SUBKI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Khoirul Subki, A32117005,2021. “Kompetensi Pedagogik Guru Pemula dalam Manajemen Kelas di SMA Al-Azhar Mandiri Palu dan SMAN 3 Palu.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Sunarto Amus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kompetensi pedagogik guru pemula PPKn, 2) Upaya yang dilakukan guru pemula PPKn dalam meningkatkan kompetensi pedagogik, dan 3) Tantangan dan kendala yang dihadapi guru pemula PPKn dalam meningkatkan keterampilan pedagogik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dan selanjutnya menggunakan teknik analisis deskriptif yakni menggambarkan hasil penelitian dalam bentuk uraian kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan, profil pedagogik yang dimiliki guru pemula di SMA Al-Azhar dan SMAN 3 Palu cukup baik bahwa dari 7 indikator kompetensi pedagogik hanya ada dua yang belum bisa terlaksanakan. Bahwa 5 dari 7 kompetensi pedagogik yang dilaksanakan guru pemula PPKn yaitu: 1) Guru memahami karakteristik peserta didik, 2) guru menguasai teori belajar dalam proses pembelajaran, 3) guru dapat berkomunikasi dengan efektif dan empatik, 4) guru mengedepankan ide yang membuat siswa nyaman dalam belajar, 5) guru memanfaatkan hasil evaluasi agar dapat mengembangkan proses pembelajaran berikutnya. Upaya yang dilakukan guru pemula PPKn untuk meningkatkan keterampilan pedagogik ada beberapa cara yaitu: 1) Mempersiapkan materi dan membuat pembelajaran PPkn tidak monoton, 2) Membuat media yang menarik, 3) Menggunakan metode pembelajaran yang berbeda-beda. Tantangan dan kendala yang dihdapi guru pemula PPKn saat meningkatkan keterampilan pedagogiknya yaitu: 1) Mengembangkan potensi peserta didik, 2) Kurangnya pengalaman dan jam mengajar 2) Kurangnya minat siswa, 3) Penyesuaian keadaan sebagai guru pemula. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru Pemula, Manajemen Kelas |