Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA YANG KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PALU
Nama: PAULA ANDRIANI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Paula Andriani, 2020.”Upaya Guru dalam Memotivasi Siswa yang Kesulitan Belajar pada Mata Pembelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 2 Palu.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Hasdin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII SMP Negeri 2 Palu, untuk mendeskripsikan upaya guru dalam memotivasi siswa yang kesulitan belajar pada mata pembelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 2 Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah Kelas VIII G yang berjumlah 25 orang. Adapun informan berjumlah 11 orang, 1 orang guru PPKn, 1 orang kepala sekolah dan 9 orang siswa kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor-faktor kesulitan belajar siswa terjadi karena dua faktor, yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu kurang minat dan motivasi siswa dalam belajar, Sedangkan faktor eksternal yang meliputi faktor sekolah, faktor keluarga, dan faktor lingkungan masyarakat. (2) Upaya yang dilakukan guru PPKn adalah dengan memberi motivasi agar anak-anak lebih giat belajar dan mengembangkan motode pembelajaran seperti metode diskusi, metode tanya jawab dan metode ceramah kapada siswa. Kata Kunci :Upaya Guru;Motivasi Siswa; Kesulitan Belajar. ?

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up