JudulStudi Tentang Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di MTs DDI Ogoamas Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala |
Nama: WIDYAWATI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Widyawati, 2020. “Studi tentang Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di MTs DDI Ogoamas Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Hasdin. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di MTs DDI Ogoamas Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru PPKn dan 9 orang siswa kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor kesulitan belajar siswa terjadi karena berbagai faktor, kemudian dapat dikelompokkan menjadi dua faktor yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu tingkat intelegensi pada umumnya rendah dan minat belajar yang kurang. Sedangkan faktor eksternal yaitu anak kurang mendapat perhatian dari orang tuanya, kurangnya media pembelajaran, tidak tersedianya buku siswa dan Kondisi ruang belajar yang kurang memadai. Kata Kunci : Kesulitan Belajar; Faktor Penyebab Kesulitan Belajar. |