JudulPERAN GURU PPKn DALAM PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMA NEGERI 1 DAPURANG KECAMATAN DAPURANG KABUPATEN PASANGKAYU |
Nama: WA'SUL FITRI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Wa’ Sul Fitri, 2020. “Peran guru PPKn dalam pembinaan karakter disiplin siswa di SMA Negeri 1 Dapurang Kecamatan Dapurang Kabupaten Pasangkayu” Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Sunarto Amus. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan upaya guru PPKn dalam pembinaan karakter disiplin siswa, (2) Mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru PPKn dalam pembinaan karakter disiplin siswa, (3) Mendeskripsikan upaya guru PPKn dalam menanggulangi kendala- kendala yang dihadapi dalam pembinaan karakter disiplin siswa di SMA Negeri 1 Dapurang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn dan siswa kelas XI IPS. Dengan informan berjumlah 10 orang yang terdiri dari 1 orang guru PPKn, 1 orang kepala sekolah, dan 8 orang siswa. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling atau purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Guru PPKn SMA Negeri 1 Dapurang telah membina kedisiplinan siswa dengan baik. Adapun upaya yang dilakukan guru PPKn yaitu dengan memberikan motivasi kepada siswa, menjadi teladan bagi siswa, melakukan pembiasaan, dan pemberian materi yang berhubungan dengan kedisiplinan (2) Kendala yang dihadapi guru PPKn dalam pembinaan karakter disiplin siswa yaitu dari faktor siswa dan faktor guru (3) Upaya yang dilakukan guru PPKn dalam menanggulangi kendala-kendala yang dihadapi dalam pembinaan karakter disiplin siswa yaitu dengan menanamkan kesadaran kepada siswa akan pentingnya berdisiplin, serta membangun kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua siswa dalam pembinaan karakter disiplin siswa, melakukan pendekatan kepada siswa yang sering melanggar peraturan sekolah atau yang sering tidak berdisiplin di sekolah. Kata Kunci: Peran, Guru, Pembinaan, Karakter, dan Disiplin |